Vigenere dan Hill Cipher

VIGENERE CIPHER

Vigenere Cipher adalah salah satu jenis kriptografi klasik yang pada dasarnya melakukan substitusi cipher abjad majemuk, yaitu mengubah plaintext dengan kunci tertentu biasanya berupa sebuah kata atau kalimat yang berulang sepanjang plaintext sehingga didapatkan ciphertext.
Salah satu kelemahan cipher ini adalah mudah diserang dengan metode Kasiski untuk mengetahui panjang huruf yang digunakan sebagai kunci. Maka untuk memperkuatnya digunakan metode pembangkitan kunci menggunakan bilangan Euler. 
Pembangkitan kunci ini menggunakan perkalian secara matematis dengan bilangan Euler kemudian setiap angka hasil perkalian akan dikelompokkan sesuai dengan panjang digit dari kunci.

HILL CIPHER
Hill Cipher merupakan penerapan aritmatika modulo pada kriptografi. Teknik kriptografi ini menggunakan sebuah matriks persegi panjang sebagai kunci yang digunakan untuk melakukan enkripsi dan dekripsi.
Matriks kunci Hill Cipher harus menggunakan matriks yang invertible. Semakin besar suatu matriks kunci maka semakin kuat juga segi keamanannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s