Implikasi Belajar Tuntas

  1. Dengan kondisi yang optimal, sebagian besar siswa akan dapat menguasai bahan atau materi pelajaran secara tuntas.
  2. Tugas guru adalah mengusahakan setiap kemungkinan untuk menciptakan kondisi yang optimal, meliputi waktu, metode, mediadan umpan balik bagi siswa.
  3. Yang dihadapi oleh guru aalah siswa-siswa yang mempunyai keanekaragaman individual, karena itu kondisi optimal mereka juga beraneka ragam.
  4. Perumusan tujuan pembelajaran khusus bagi satuan atau unit pelajaran mutlak diperlukan agar para siswa mengerti tentang hakikat, tujuan, dan prosedur belajar.
  5. Bahan pelajaran dijabarkan dalam satuan-satuan pelajaran yang kecil-kecil dan selalu diadakan per-test pada permulaan pelajaran serta post-test pada akhir satuan pelajaran.
  6. Diusahakan untuk membentuk regu-regu atau kelompok-kelompok belajar yang kecil (4-6 orang), yang anggotanya dapat bertemu secara teratur, sehingga dapat saling membantu dalam memecahkan kesulitan-kesulitan belajar siswa secara efektif dan efisien.
  7. Sistem evaluasi didasarkan atas tingkat penguasaan tujuan pembelajaran khusus bagi bahan pelajaran yang bersangkutan, yaitu menggunakan tes acuan patokan, bukan tes acuan norma.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s